Skripsi
PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG MENGGUNAKAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA PADA PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 11 INDRALAYA
Penelitian ini berjudul Peningkatan hasil belajar matematika materi bangun ruang menggunakan media permainan ular tangga pada peserta didik kelas V SD Negeri 11 Indralaya bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik menggunakan media permainan ular tangga. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) yang pelaksanaannya dalam bentuk beberapa siklus. Variabel bebas adalah materi bangun ruang menggunakan media permainan ular tangga, variabel terikat adalah peningkatan hasil belajar matematika.Populasi penelitian ini adalah peserta didik SD Negeri 11 Indralaya. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 26 orang. Instrumen yang digunakan adalah Tes tertulis.Perlakuan memberikan materi bangun ruang mengunakan media permainan ular tangga, setelah diberikan selama 3 minggu dengan frekuensi pertemuan seminggu 3 kali. Data analisis dengan menggunakan deskripsi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik pada siklus I dengan persentase 29,16%, pada siklus II dengan persentase 68%, sedangkan pada siklus III dengan persentase 92%. Implikasi dari penelitian ini bahwa media permainan ular tangga dapat digunakan sebagai salah satu jenis media permainan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kata Kunci :Peningkatan Hasil Belajar Matematika, Materi Bangun Ruang, Media Permainan Ular Tangga
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2007001473 | T38623 | T386232020 | Central Library (REFERENCES) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available