Skripsi
KESIAPAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X IPS DI SMAN 3 TANJUNG RAJA
Penelitian ini mengkaji permasalahan mengenai kesiapan belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS di SMA Negeri 3 Tanjung Raja. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan kesiapan belajar peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran. Metode Penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan desain penelitian deskriptif. Teknik Pengumpulan data yang digunakan, yaitu angket, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kesiapan belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS di SMA Negeri 3 Tanjung Raja terkategori baik dengan persentase rata-rata yaitu sebesar 77%, artinya peserta didik memiliki kondisi yang siap untuk dapat menciptakan situasi belajar yang kondusif, sehingga dapat menghasilkan proses belajar yang maksimal. Dimana dari keempat indikator kesiapan belajar yang diteliti, indikator kondisi emosional dan psikologis merupakan indikator yang paling mendominasi kesiapan belajar peserta didik yang memiliki kategori baik, suasana hati memiliki pengaruh paling besar terhadap tingkat kesiapan belajar peserta didik. Sedangkan kesiapan pada tingkat intelegensi peserta didik merupakan indikator terendah kesiapan belajar yang memiliki kategori cukup, kurang memahami pembelajaran serta belum berani untuk bertanya dan mengungkapkan pendapat, cukup berpengaruh dalam kesiapan belajar peserta didik. Disarankan untuk penelitian selanjutnya agar dapat memperluas jumlah subjek penelitian, dan sebaiknya bagi guru selaku pendidik hendaknya dapat mengarahkan peserta didik agar dapat mempertahankan serta meningkatkan kesiapan belajarnya. Kata-kata kunci: Belajar, Kesiapan Belajar.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2007001650 | T41184 | T411842020 | Central Library (REFERENCES) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available