Skripsi
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS EDMODO PADA MATA KULIAH PERLAKUAN PANAS
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran E-learning berbasis Edmodo pada mata kuliah perlakuan panas yang valid dan praktis. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model penelitian pengembangan jenis ADDIE. Adapun tahapan tersebut yaitu: Analys, Design, Development, Implementation dan Evaluation dengan Evaluasi Tessmer. Subjek penelitian ini adalah Mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin angkatan tahun 2017 Universitas sriwijaya dan objek penelitian adalah Media pembelajaran E-learning berbasis Edmodo pada mata kuliah Perlakuan panas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi dan angket. Validasi ahli digunakan untuk mengetahui kevalidan media yang dikembangkan. Angket digunakan unutuk mengetahui kepraktisan media yang dikembangkan. Uji coba dilakukan beberapa tahap: (1) Expert review (penilaian oleh ahli), One-to-one, Small grup, Field test. Hasil penelitian tersebut pada ahli materi didapat presentase sebesar 73.5% dikategorikan valid dan untuk ahli media didapatkan presentase sebesar 69.6% dikategorikan valid. Berdasarkan dari tahap uji coba one-to-one mendapat presentase sebesar 76%, pada tahap uji coba small grup mendapat presentase sebesar 79.3%, dan pada tahap uji coba field test mendapat presentase sebesar 81.8%. dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran E-learning berbasis Edmodo pada mata kuliah Perlakuan panas dinyatakan Valid dan Praktis.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2007001449 | T38319 | T383192020 | Central Library (REFERENSI) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available