The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN DESAIN FILA CHART DALAM PEMBELAJARAN VIRTUAL TERHADAP KETERAMPILAN METAKOGNITIF DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS XI SMA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI

Skripsi

PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN DESAIN FILA CHART DALAM PEMBELAJARAN VIRTUAL TERHADAP KETERAMPILAN METAKOGNITIF DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS XI SMA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI

Utami, Kurnia - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Problem Based Learning (PBL) dengan desain FILA chart dalam pembelajaran virtual terhadap keterampilan metakognitif dan hasil belajar kognitif peserta didik kelas XI SMA pada materi sistem ekskresi. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik Simple Random Sampling sehingga terpilih kelas XI IPA 6 sebagai kelas kontrol, XI IPA 7 sebagai kelas eksperimen, dan XI IPA 8 sebagai kelas plasebo dengan jumlah 36 peserta didik disetiap kelas. Penelitian dilakukan melalui pembelajaran virtual. Keterampilan metakognitif dan hasil belajar kognitif diukur melalui tes awal dan tes akhir dengan intrumen 6 soal uraian yang telah teruji validitas dan reliabilitanya. Data dianalisis dengan menggunakan program SPSS 25, uji hipotesis menggunakan uji ANCOVA. Hasil analisis uji ANCOVA menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) dengan desain FILA chart berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan metakognitif dan hasil belajar kognitif peserta didik di SMA Negeri 1 Palembang. Selanjutnya, model Problem Based Learning (PBL) dengan desain FILA chart lebih baik dari pada model pembelajaran langsung dengan desain FILA chart dan kelas tradisional dalam meningkatkan keterampilan metakognitif dan hasil belajar kognitif peserta didik.


Availability
Inventory Code Barcode Call Number Location Status
2007001604T40745T407452020Central Library (REFERENCES)Available
Detail Information
Series Title
-
Call Number
T407452020
Publisher
Indralaya : Podi Pendidikan Biologi., 2020
Collation
xii, 183 hlm.: ilus.; 28 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
570.07
Content Type
Text
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Keterampilan metakognitif
Podi Pendidikan Biologi
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
TUTI
Other version/related

No other version available

File Attachment
  • https://repository.unsri.ac.id/40745/
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search