Skripsi
ANALISIS KEMAMPUAN PEMODELAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP IT IZZUDDIN PALEMBANG DALAM MENYELESAIKAN PERMASALAHAN MATERI RELASI DAN FUNGSI
Kemampuan pemodelan matematika membantu siswa untuk menerjemahkan permasalahan nyata ke dalam bentuk matematika, sehingga dapat mempermudah siswa dalam menjawab soal permasalahan nyata. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode analisis deskriptif yang bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemodelan matematika siswa dalam menyelesaikan permasalahan materi relasi dan fungsi setelah diterapkannya pendekatan pemodelan matematika di kelas. Subjek penelitian adalah 6 orang siswa kelas VIII SMP IT Izzuddin Palembang. Menyesuaikan kondisi pandemi covid-19, penelitian dilakukan secara daring menggunakan instrumen tes, observasi, dan wawancara. Hasil analisis data menunjukkan bahwa 2 subjek dengan kemampuan tinggi memenuhi 6 dari 7 indikator kemampuan pemodelan matematika, 2 subjek dengan kemampuan sedang memenuhi 6 dari 7 indikator kemampuan pemodelan matematika, dan 2 subjek dengan kemampuan rendah memenuhi 1 dari 7 indikator kemampuan pemodelan matematika. Indikator yang paling banyak terpenuhi adalah membuat asumsi yaitu pada tahapan awal. Sedangkan Pada indikator membuat model matematika secara simbolik masih perlu diperbaiki lagi.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2007001629 | T40762 | T407622020 | Central Library (REFERENSI) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available