Skripsi
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ELEKTRONIKA DASAR UNTUK MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA FKIP UNIVERSITAS SRIWIJAYA
Telah berhasil dikembangkan bahan ajar elektronika dasar untuk mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Sriwijaya. Materi pada pengembangan bahan ajar ini disusun berdasarkan silabus di Program Studi Pendidikan Fisika serta membahas mengenai elektronika yang masih sangat dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengasilkan bahan ajar yang valid dan praktis. Penelitian ini menggunakan model Rowntree yang terdiri dari tiga tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pengembangan dan tahap evaluasi. Pada tahap evaluasi mengadopsi evaluasi formative dari tessmer yang terdiri dari lima tahap yaitu self evaluation, expert review, one to one evaluation, small group dan field test. Pada penelitian ini dibatasi sampai evaluasi small group saja, karena penelitian hanya sampai menentukan kevalidan dan kepraktisan produk. Teknik pengumpulan data dengan walkthrough dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan sangat valid pada aspek desain yaitu 94,1%, sangat valid pada aspek isi yaitu 92% dan sangat valid pada aspek bahasa yaitu 92,1%. Untuk kepraktisan bahan ajar termasuk kedalam kategori sangat praktis pada tahap small group yaitu 91,5%.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2007001607 | T39105 | T391052020 | Central Library (REFERENCES) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available