Skripsi
PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN PAPAN PASAK UNTUK MENGENAL LAMBANG BILANGAN PADA ANAK KELOMPOK B DI TAMAN KANAK-KANAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan alat permainan papan pasak untuk mengenal lambang bilangan pada anak kelompok B di Taman Kanak-kanak yang teruji secara valid dan praktis. Keunggulan alat permainan Papan Pasak yaitu dengan pasak-pasaknya yang berbentuk angka sehingga anak bisa mengekplorasi bagaimana bentuk-bentuk angka 1 – 10 dengan meraba pasak-pasak angka.Penelitian dilakukan dengan menggunakan model pengembangan Rowntree ( planning, depelopment, dan evaluation). Pada tahap evaluasi menggunakan evaluasi formatif Tessmer dengan empat tahap, yaitu self evaluation, expert review, one-to-one evaluation, dan small group evaluation. Teknik pengumpulan data menggunakan walkthrough, dan observasi. Hasil dari validasi materi mendapat nilai sebesar 94% dengan kategori sangat valid dan validasi media mendapatkan nilai sebesar 83% dengan kategori sangat valid , berdasarkan analisis penilaian validator materi dan media mendapatkan rata-rata nilai sebesar 89 dengan kategori sangat valid. Kepraktisan pada tahap one-to-one evaluation mendapatkan nilai 84% kategori sangat praktis dan tahap small group evaluation dengan nilai 91% dengan kategori sangat praktis. Maka dapat disimpulkan bahwa alat permainan papan pasak dinyatakan valid dan praktis serta layak untuk digunakan sebagai alat permainan untuk mengenal lambang bilangan pada anak kelompok B di Taman Kanak-Kanak. Kata kunci : Alat permainan, papan pasak, Lambang bilangan
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2007001639 | T37984 | T379842020 | Central Library (REFERENSI) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available