Text
KOMUNIKASI PEMASARAN MUSEUM BALAPUTRA DEWA DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENGUNJUNG
Penelitian ini berjudul “Komunikasi Pemasaran Museum Balaputra Dewa dalam Meningkatkan Jumlah Pengunjung”. Museum Negeri Sumatera Selatan atau yang lebih dikenal dengan Museum Balaputra Dewa adalah jenis museum regional yang ada di Sumatera Selatan. Museum ini juga merupakan museum umum tempat menyimpan berbagai macam koleksi menarik yang tesimpan dan terpamerkan. Periode Koleksi yang dipamerkan di mulai dari masa Prasejarah, Kerajaan Sriwijaya, Kesultanan Palembang hingga massa Revolusi Fisik atau Perjuangan Kemerdekaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kegiatan komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Museum Balaputra Dewa untuk meningkatkan jumlah pengunjung. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori bauran komunikasi pemasaran yang dikemukakan oleh Philip Kotler dan Gary Amstrong yang terdapat lima dimensi aktivitas dalam komunikasi pemasaran. Dimensi tersebut meliputi: periklanan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, penjualan personal, dan pemasaran langsung. Metode penelitian ini menggunakan metode analisis kualitatif yaitu suatu bentuk penelitian yang meliputi proses pengumpulan dan penyusunan data. Proses pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa seluruh dimensi pada teori komunikasi pemasaran dilaksanakan dengan baik sehingga mampu untuk meningkatkan jumlah pengunjung. Kata Kunci: Komunikasi Pemasaran, Museum Balaputra Dewa, Bauran Komunikasi Pemasaran
| Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
|---|---|---|---|---|
| 2007000760 | T38730 | T387302020 | Central Library (REFERENCES) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available