Text
PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 1 INDRALAYA SELATAN
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Indralaya Selatan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X IIS di SMA Negeri 1 Indralaya Selatan. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan metode Cluster Random sampling, dan terpilihlah kelas X IIS 2 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 28 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang menggunakan pada penelitian observasi, angket. Teknik pengumpulan data observasi yang menggunakan rumus persentase diperoleh rerata hasil belajar siswa. 93,75% masuk dalam kriteria penilaian yang baik. Teknik analisis data angket di peroleh sebeser 70,40% dengan kriteria penilaian yang baik. Hasil ujian hipotesis diperoleh Fhitung ≥ Ftabel atau 25,18 ≥ 4,22. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Indralaya Selatan. Dari hasil penelitian ini, pendidik harus dapat lebih memahami kondisi belajar yang kurang optimal dan sesuai dengan situasi dan kondisi dalam proses pembelajaran di kelas agar peserta didik lebih tertarik dalam belajar.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2007001614 | T37711 | T377112020 | Central Library (REFERENCES) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available