Skripsi
KEEFEKTIFAN TEKNIK SEMANTIC WEBBING DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 GELUMBANG
Membaca merupakan salah satu aspek keterampilan berbahasa. Untuk meningkatkan kemamapuan membaca diperlukan pemilihan teknik yang tepat. Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah teknik semantic webbing lebih efektif daripada teknik konvensional dalam pembelajaran membaca pemahaman pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Gelumbang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu. Sampel penelitian beijumlah 78 orang siswa dengan perincian: 39 orang siswa kelas VTII.3 (kelas eksperimen) yang menggunakan teknik semantic webbing dan 39 orang siswa kelas Vffl.l (kelas kontrol) yang menggunakan teknik konvensional. Hipotesis penelitian ini adalah bahwa teknik semantic webbing lebih efektif daripada teknik konvensional. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes objektif, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik statistik uji /. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh teknik semantic webbing yang berarti terhadap tingkat kemampuan membaca siswa. Skor rata-rata siswa yang mendapat pembelajaran membaca pemahaman dengan menggunakan teknik semantic webbing lebih- besar dibandingkan dengan skor rata-rata siswa yang mendapat pembelajaran membaca pemahaman dengan teknik konvensional. Berdasarkan pengujian mean kedua kelompok penelitian terdapat perbedaan yang signifikan. Perhitungan uji t menunjukkan t hitung lebih besar daripada t tabel atau 4,36 > 1,37 pada tingkat kepercayaan 95%. Dengan demikian, perbedaan itu membuktikan bahwa penggunaan teknik semantic webbing lebih efektif daripada teknik konvensional dalam pembelajaran membaca pemahaman pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Gelumbang. ini Kata Kunci: teknik semantic webbing teknik konvensional, membaca pemahaman.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
0607000552 | T57338 | T57338 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available