The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of KEEFEKTIFAN TEKNIK SEMANTIC WEBBING DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 GELUMBANG

Skripsi

KEEFEKTIFAN TEKNIK SEMANTIC WEBBING DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 GELUMBANG

Murtini, Murtini - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Membaca merupakan salah satu aspek keterampilan berbahasa. Untuk meningkatkan kemamapuan membaca diperlukan pemilihan teknik yang tepat. Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah teknik semantic webbing lebih efektif daripada teknik konvensional dalam pembelajaran membaca pemahaman pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Gelumbang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu. Sampel penelitian beijumlah 78 orang siswa dengan perincian: 39 orang siswa kelas VTII.3 (kelas eksperimen) yang menggunakan teknik semantic webbing dan 39 orang siswa kelas Vffl.l (kelas kontrol) yang menggunakan teknik konvensional. Hipotesis penelitian ini adalah bahwa teknik semantic webbing lebih efektif daripada teknik konvensional. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes objektif, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik statistik uji /. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh teknik semantic webbing yang berarti terhadap tingkat kemampuan membaca siswa. Skor rata-rata siswa yang mendapat pembelajaran membaca pemahaman dengan menggunakan teknik semantic webbing lebih- besar dibandingkan dengan skor rata-rata siswa yang mendapat pembelajaran membaca pemahaman dengan teknik konvensional. Berdasarkan pengujian mean kedua kelompok penelitian terdapat perbedaan yang signifikan. Perhitungan uji t menunjukkan t hitung lebih besar daripada t tabel atau 4,36 > 1,37 pada tingkat kepercayaan 95%. Dengan demikian, perbedaan itu membuktikan bahwa penggunaan teknik semantic webbing lebih efektif daripada teknik konvensional dalam pembelajaran membaca pemahaman pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Gelumbang. ini Kata Kunci: teknik semantic webbing teknik konvensional, membaca pemahaman.


Availability
Inventory Code Barcode Call Number Location Status
0607000552T57338T57338Central Library (Referens)Available but not for loan - Not for Loan
Detail Information
Series Title
-
Call Number
T57338
Publisher
Inderalaya : ., 2006
Collation
xi, 55 hlm.: Ilus., tab.; 28 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
418.07
Content Type
Text
Media Type
unmediated
Carrier Type
unspecified
Edition
-
Subject(s)
Membaca
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Teknik Semantik
Teknik Konvensional
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
HALIM
Other version/related

No other version available

File Attachment
  • KEEFEKTIFAN TEKNIK SEMANTIC WEBBING DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 GELUMBANG
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search