Text
GASTRODIPLOMASI USAHA KECIL MENENGAH (UKM) DAPUR BUNDA RAYYA DALAM FESTIVAL KULINER PALEMBANG MENDUNIA
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pelaksanaan gastrodiplomasi yang dilakukan oleh Usaha Kecil Menengah (UKM) Dapur Bunda Rayya dalam sebuah Festival gastrodiplomasi yang dilaksanaan oleh Dinas Pariwisata Kota Palembang, yaitu Festival Kuliner Palembang Mendunia. Jenis penelitian ini adalah eksploratif-kualitatif. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Penulis mendapatkan data primer dari hasil wawancara dengan pemilik Dapur Bunda Rayya dan observasi pada Festival Kuliner Palembang Mendunia serta data sekunder dari studi pustaka yang berhubungan dengan penelitian ini. Penulis menggunakan teknik analisis kontekstual dan kategorial yaitu dengan mencocokan data hasil penelitian dengan definisi konseltual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa upaya dan strategi yang dilakukan Dapur Bunda Rayya sebagai aktor bukan negara belum optimal dalam melakukan gastrodiplomasi dalam mempromosikan kuliner Palembang dan Indonesia, karena peneliti melihat ada banyak kekurangan dan beberapa upaya yang kurang efektif, yaitu penggunaan bahasa yang tidak dimengerti oleh wisatawan asing, upaya promosi penggunaan media yang kurang menarik dan pengikut akun media sosial Dapur Bunda Rayya sebagian besar adalah masyarakat lokal sehingga sasaran promosi terhadap wisatawan asing tidak tercapai. Tetapi hal ini dapat menjadi pelajaran berharga untuk pelaksanaan gastrodiplomasi ke depannya dan langkah awal yang bagus bagi Dapur Bunda Rayya sebagai pelaku bisnis dalam upaya gastrodiplomasi melalui Festival Kuliner Palembang Mendunia.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2007000650 | T41558 | T415582020 | Central Library (REFERENCES) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available