Text
PERBANDINGAN PENILAIAN AKREDITASI SEKOLAH MENGGUNAKAN FUZZY ANALYTIC HIERARCHY PROCESS DAN FUZZY SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING
Akreditasi sekolah merupakan program atau kegiatan yang dilakukan oleh pemerintah yang diwakili oleh Badan Akreditasi Nasional (BAN) untuk memantau langsung kondisi dari pendidikan di dalam sekolah. Akreditasi sekolah bertujuan untuk memperoleh gambaran kinerja dalam suatu sekolah dan menentukan tingkat kelayakan sekolah di dalam menyelenggarakan pelayanan pendidikan. Dalam penelitian ini membandingkan hasil akurasi penilaian akreditasi sekolah menggunakan dua metode yaitu metode Fuzzy Analytic Hierarchy Process (FAHP) dan metode Fuzzy Simple Additive Weighting (FSAW). Perbandingan dilakukan untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam menentukan penilaian akreditasi sekolah, dimana metode FAHP berlaku untuk keadaan yang tidak pasti dari pemilihan suatu obyek, sedangkan metode FSAW merupakan metode penjumlahan terbobot dari rating kinerja pada setiap alternatif pada semua atribut. Berdasarkan pengujian dan hasil penelitian perbandingan kedua metode, maka diperoleh kesimpulan bahwa metode FAHP dianggap lebih cocok dalam menentukan penilaian akreditasi sekolah karena metode FAHP mendapatkan hasil akurasi pada total nilai sebesar 50%, sedangkan pada metode FSAW memiliki hasil yang kurang sempurna yaitu sebesar 20% dan dinilai kurang cocok untuk melakukan penilaian akreditasi sekolah, namun metode FSAW dapat menyeleksi alternatif terbaik dari sejumlah alternatif yang ada.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2007000865 | T33559 | T335592020 | Central Library (REFERENCES) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available