Skripsi
UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF DENGAN TEKNIK MODELLING PADA SISWA KELAS 5 SD KAVERIUS 2 PALEMBANG
Penelitian ini berjudul “Upaya Meningkatkan Ketrampilan Menulis Paragraf Dengan Teknik Modelling Pada Siswa Kelas V SD Xaverius 2 Palembang”. Masalah dalam penelitian ini adalah apakah teknik modelling dapat meningkatkan keterampilan menulis paragraf siswa kelas 5 SD Xaverius 2 Palembang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah dengan teknik modelling keterampilan menulis paragraf siswa kelas 5 SD Xaverius 2 Palembang dapat meningkat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dan dilaksanakan secara bersiklus, dari siklus I,II, dan III. Pada tiap-tiap siklus dimulai dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 5 SD Xaverius 2 Palembang yang beijumlah 33 siswa dengan perincian 21 siswa laki-laki 12 perempuan. Data penelitian ini dikumpulkan melalui hasil tes, wawancara, dan observasi. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus dengan nilai rata-rata tes awal 5,29, siklus I 6,65, siklus II 6,95 dan siklus III 7,57. Keberhasilan penelitian ini berpedoman pada ketuntasan belajar yaitu bila 85% atau lebih jumlah siswa mendapat nilai nilai > 6,5. Ternyata berdasarkan nilai siklus III ketuntasan belajar mencapai 9,90%. Jadi secara kuantitas sudah teijadi peningkatan nilai dan melebihi nilai ketuntasan belajar. Dilihat dari segi proses teijadi peningkatan, karena berdasarkan pengamatan, siswa tampak antusias, aktif, berekpresi, bergembira, dan penuh tanggung jawab. Dari hasil wawancara dapat diketahui siswa senang dengan pembelajaran modelling yang disediakan oleh guru. Siswa dapat membuat paragraf sendiri dengan baik dan tidak merasa tertekan, dan bekeija dengan penuh tanggung jawab. Kata kunci : Pembelajaran, menulis paragraf, teknik, modelling.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
0907001120 | T57876 | T57876 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available