The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of KEEFEKTIFAN MEDIA GAMBAR DALAM MENULIS KARANGAN DESKRIPSI BAGI SISWA KELAS V SD NEGERI 1 SIMPANG TIMBANGAN

Skripsi

KEEFEKTIFAN MEDIA GAMBAR DALAM MENULIS KARANGAN DESKRIPSI BAGI SISWA KELAS V SD NEGERI 1 SIMPANG TIMBANGAN

Mutmainah, Umi - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Penelitian ini mengangkat permasalahan apakah media gambar lebih efektif daripada cara konvensional dalam pembelajaran menulis karangan deskripsi pada siswa kelas V SD Negeri I Simpang Timbangan. Tujuannya untuk mengetahui ada atau tidaknya akibat dari perlakuan antara kelas yang menggunakan media gambar dengan kelas yang menggunakan cara konvensional dalam pembelajaran Bahasa khususnya menulis karangan deskripsi. Manfaat penelitian ini yaitu sebagai strategi alternatif dalam pembelajaranmenulis khususnya menulis karangan deskripsi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu. Sampel penelitian ini berjumlah 64 orang siswa dengan rincian 30 orang siswa kelas V.A (kelompok eksperimen) mendapat pembelajaran menulis karangan deskripsi dengan menggunakan media gambar dan 34 orang siswa kelas V.B (kelas kontrol) mendapat pembelajaran menulis karangan deskripsi dengan menggunakan cara konvensional. Hipotesis penelitian ini yaitu adanya perbedaan hasil belajar antara kelas yang menggunakan media gambar dengan kelas yang menggunakan cara konvensional dalam pembelajaran menulis karangan deskripsi di SD Negeri I Simpang Timbangan. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah teknik tes, sedangkan teknik analisis data adalah teknik statistik uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh yang berarti terhadap tingkat kemampuan siswa. Skor rata-rata siswa yang menggunakan media gambar lebih besar daripada skor rata-rata siswa yang menggunakan cara konvensional. Berdasarkan pengujian mean kedua kelompok penelitian, terdapat perbedaan yang signifikan. Skor rata-rata kelas eksperimen dan skor rata-rata kelas kontrol, yaitu dari pengujian uji t menunjukkan thu > tu* atau 2,34 > 1,67 (db = 58) pada tingkat kepercayaan 95%. Hal ini membuktikan bahwa pengguna media gambar lebih efektif daripada cara konvensional dalam pembelajaran menulis karangan deskripsi pada siswa kelas V SD Negeri I Simpang Timbangan.


Availability
Inventory Code Barcode Call Number Location Status
0707001038T57879T578792007Central Library (REFERENCES)Available but not for loan - Not for Loan
Detail Information
Series Title
-
Call Number
T578792007
Publisher
Inderalaya : Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya., 2007
Collation
xiv, 48 hlm.; tab.; 28 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
372.507
Content Type
Text
Media Type
unmediated
Carrier Type
unspecified
Edition
-
Subject(s)
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Kesenian untuk Pendidikan Dasar
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
Furika
Other version/related

No other version available

File Attachment
  • KEEFEKTIFAN MEDIA GAMBAR DALAM MENULIS KARANGAN DESKRIPSI BAGI SISWA KELAS V SD NEGERI 1 SIMPANG TIMBANGAN
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search