Skripsi
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PORTOFOLIO TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 17 PALEMBANG
Skripsi ini berjudul Pengaruh Model Pembelajaran portofolio Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMP Negeri 17 Palembang, dengan variabel penelitian model pembelajaran portofolio dan minat belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dimana satu kelas diberikan pembelajaran mengunakan model pembelajaran portofolio. Teknik pengumpulan datanya menggunakan dokumentasi dan angket, dokumentasi berguna untuk mengetahui nilai portofolio siswa dan keadaan sekolah, sedangkan angket digunakan untuk mengetahui minat belajar siswa, angket ini terdiri dari dua, yaitu : angket yang diberikan sebelum melakukan model pembelajaran portofolio dan angket kedua diberikan setelah melakukan model pembelajaran portofolio.Teknik analisis data yang digunakan adalah Mc Nemar Test yang berdistribusi dengan chi kuadrat. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di SMP Negeri 17 Palembang yang terdiri dari sembilan kelas yang masing-masing beijumlah 40 orang, dari sembilan kelas tersebut diambil secara acak sebagai kelas yang digunakan sebagai sampel, kelas tersebut adalah kelas VII.9. Kelas ini diberikan materi pelajaran dengan menggunakan model pembelajaran portofolio, lalu diberikan angket untuk mengukur minat belajar mereka. Dari hasil pengumpulan data dan analisis data diketahui bahwa dengan menggunakan model pembelajaran portofolio minat belajar siswa meningkat. Maka dari itu penulis berkesimpulan bahwa model pembelajaran portofolio mempunyai pengaruh terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi di SMP Negeri 17 Palembang. Penutup, penulis memberikan saran kepada guru agar dapat menggunakan model pembelajran yang dapat menarik minat siswa agar hasil belajar siswa bisa maksimal, kemudian untuk siswa penulis menyarankan agar lebih mengenali diri masing-masing utnuk mengetahui minat mereka agar memperoleh hasil belajar yang maksimal, terakhir penulis menyarankan kepada peneliti selanjutnya agar meneliti tentang prestasi belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran portofolio. Kata Kunci: Modal Pembelajaran Portofolio, Minat Belajar Siswa
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
0507002001 | T57463 | T57463 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available