The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of UPAYA KOHERENSI WACANA IKLAN PADA HARIAN KOMPAS PERIODE APRIL 2006

Skripsi

UPAYA KOHERENSI WACANA IKLAN PADA HARIAN KOMPAS PERIODE APRIL 2006

Brahmana, Pratiwi - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Iklan adalah suatu bentuk komunikasi berupa penawaran barang atau jasa yang ditawarkan kepada khalayak dan dipasang di media massa (seperti surat kabar atau majalah) atau di tempat umum. Sebuah wacana yang baik harus koheren, begitu juga dengan wacana iklan. Untuk mengetahui hal itu, penelitian tentang upaya koherensi pada wacana iklan harian Kompas periode April 2006 perlu dilakukan dan yang menjadi permasalahan adalah bagaimana wujud kalimat pada bagian hook sebuah wacana iklan dilihat dari upaya koherensi yang berupa interpretasi lokal, inferensi, analogi, dan koteks serta struktur wacana iklannya. Metode yang digunakan dalam analisis data ini adalah metode agih, yang memiliki teknik dasar yaitu teknik bagi unsur langsung (BUL), teknik ini membagi satuan lingual datanya menjadi beberapa bagian atau unsur, dan unsur-unsur yang bersangkutan dipandang sebagai bagian yang langsung membentuk satuan lingual yang dimaksud. Teknik ini memiliki teknik lanjutan yaitu parafrasa (ubah ujud) dan perluasan (ekspansi). Teknik parafrasa digunakan untuk jenis koherensi berupa analogi. Teknik perluasan (ekspansi) digunakan untuk jenis koherensi yang berupa koteks. Dari hasil analisis data diketahui bahwa terdapat upaya koherensi yang berupa interpretasi lokal, inferensi, analogi, dan koteks. Upaya interpretasi lokal yang ditemui ada 11 iklan dengan wujud kalimat pada bagian hook berupa merek 1 buah, gabungan merek dan manfaat berjumlah 8 iklan, penghargaan berjumlah 1 iklan, dan saran berjumlah 1 iklan. Upaya inferensi yang ditemui ada 13 iklan dengan wujud kalimat pada bagian hook berupa merek berjumlah 3 iklan, manfaat berjumlah 3 iklan, gabungan merek dan manfaat berjumlah 4 iklan, rasa berjumlah 1 iklan , harga berjumlah 1 iklan, dan promosi berjumlah 1 iklan. Upaya analogi yang ditemui ada 8 iklan dengan wujud kalimat pada bagian hook berupa manfaat ada 2 iklan, gabungan merek dan manfaat ada 4 iklan, harga berjumlah 1 iklan, dan isi berjumlah 1 iklan. Upaya inferensi dan analogi yang ditemui ada 2 iklan dengan wujud kalimat pada bagian hook berupa manfaat ada 2 iklan. Upaya koteks yang ditemui ada 6 iklan dengan wujud kalimat pada bagian hook berupa gabungan merek dan manfaat ada 4 iklan, promosi berjumlah 1 iklan, dan saran berjumlah 1 iklan. Wujud kalimat pada bagian penghubung {hook) didominasi penggunaan gabungan merek dan manfaat. Struktur wacana iklan yang ditemukan ada 3 pola, yaitu (1) Hook - Body - Call to action - Testmonial, (2) Hook - Body - Call to action, dan (3) Hook. Ternyata struktur wacana iklan mempengaruhi upaya koherensi wacana iklan walaupun ada beberapa wacana iklan yang tidak memiliki salah satu unsur dari empat unsur wacana iklan yang ada namun wacana iklan tersebut tetap koheren.


Availability
Inventory Code Barcode Call Number Location Status
0707000325T57317T573172007Central Library (REFERENCES)Available but not for loan - Not for Loan
Detail Information
Series Title
-
Call Number
T573172007
Publisher
Inderalaya : Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya., 2007
Collation
x, 105 hlm.; 28 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
401.407
Content Type
Text
Media Type
unmediated
Carrier Type
unspecified
Edition
-
Subject(s)
Semiotik
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
Furika
Other version/related

No other version available

File Attachment
  • UPAYA KOHERENSI WACANA IKLAN PADA HARIAN KOMPAS PERIODE APRIL 2006
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search