Skripsi
UPAYA KOHERENSI WACANA IKLAN PADA HARIAN KOMPAS PERIODE APRIL 2006
Iklan adalah suatu bentuk komunikasi berupa penawaran barang atau jasa yang ditawarkan kepada khalayak dan dipasang di media massa (seperti surat kabar atau majalah) atau di tempat umum. Sebuah wacana yang baik harus koheren, begitu juga dengan wacana iklan. Untuk mengetahui hal itu, penelitian tentang upaya koherensi pada wacana iklan harian Kompas periode April 2006 perlu dilakukan dan yang menjadi permasalahan adalah bagaimana wujud kalimat pada bagian hook sebuah wacana iklan dilihat dari upaya koherensi yang berupa interpretasi lokal, inferensi, analogi, dan koteks serta struktur wacana iklannya. Metode yang digunakan dalam analisis data ini adalah metode agih, yang memiliki teknik dasar yaitu teknik bagi unsur langsung (BUL), teknik ini membagi satuan lingual datanya menjadi beberapa bagian atau unsur, dan unsur-unsur yang bersangkutan dipandang sebagai bagian yang langsung membentuk satuan lingual yang dimaksud. Teknik ini memiliki teknik lanjutan yaitu parafrasa (ubah ujud) dan perluasan (ekspansi). Teknik parafrasa digunakan untuk jenis koherensi berupa analogi. Teknik perluasan (ekspansi) digunakan untuk jenis koherensi yang berupa koteks. Dari hasil analisis data diketahui bahwa terdapat upaya koherensi yang berupa interpretasi lokal, inferensi, analogi, dan koteks. Upaya interpretasi lokal yang ditemui ada 11 iklan dengan wujud kalimat pada bagian hook berupa merek 1 buah, gabungan merek dan manfaat berjumlah 8 iklan, penghargaan berjumlah 1 iklan, dan saran berjumlah 1 iklan. Upaya inferensi yang ditemui ada 13 iklan dengan wujud kalimat pada bagian hook berupa merek berjumlah 3 iklan, manfaat berjumlah 3 iklan, gabungan merek dan manfaat berjumlah 4 iklan, rasa berjumlah 1 iklan , harga berjumlah 1 iklan, dan promosi berjumlah 1 iklan. Upaya analogi yang ditemui ada 8 iklan dengan wujud kalimat pada bagian hook berupa manfaat ada 2 iklan, gabungan merek dan manfaat ada 4 iklan, harga berjumlah 1 iklan, dan isi berjumlah 1 iklan. Upaya inferensi dan analogi yang ditemui ada 2 iklan dengan wujud kalimat pada bagian hook berupa manfaat ada 2 iklan. Upaya koteks yang ditemui ada 6 iklan dengan wujud kalimat pada bagian hook berupa gabungan merek dan manfaat ada 4 iklan, promosi berjumlah 1 iklan, dan saran berjumlah 1 iklan. Wujud kalimat pada bagian penghubung {hook) didominasi penggunaan gabungan merek dan manfaat. Struktur wacana iklan yang ditemukan ada 3 pola, yaitu (1) Hook - Body - Call to action - Testmonial, (2) Hook - Body - Call to action, dan (3) Hook. Ternyata struktur wacana iklan mempengaruhi upaya koherensi wacana iklan walaupun ada beberapa wacana iklan yang tidak memiliki salah satu unsur dari empat unsur wacana iklan yang ada namun wacana iklan tersebut tetap koheren.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
0707000325 | T57317 | T573172007 | Central Library (REFERENCES) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available