Text
Peningkatan keterampilan membaca pemahaman dengan menggunakan teknik scanning pada siswa kelas V SD Negeri 11 Indralaya
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan teknik scanning untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman di kelas V SD Negeri 11 Indralaya, mendeskripsikan peningkatan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V di SD Negeri 11 Indralaya. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas, yang dilakukan dalam tiga siklus. Setiap tahapan siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VD SD Negeri 11 Indralaya yang berjumlah 20 siswa, terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, dokumentasi, dan tes membaca pemahaman. Hasil penelitian siklus pertama menunjukkan ketuntasan hasil membaca pemahaman siswa 45%, hasil penelitian siklus II hasil membaca pemahaman siswa adalah 52,63%, dan hasil penelitian siklus III hasil membaca pemahaman siswa adalah 95%. Hasil keterampilan membaca siswa pada siklus I pertemuan pertama dikategorikan kurang terampil dengan persentase 45%, siklus I pertemuan kedua dikategorikan terampil yaitu dengan persentase 35%, pada siklus II pertemuan pertama dikategorikan terampil dengan persentase 45%, dan siklus II pertemuan kedua dikategorikan sangat terampil dengan persentase 37% kemudian siklus III pertemuan pertama dikategorikan sangat terampil dengan persentase 65% dan siklus III pertemuan kedua dikategorikan sangat terampil dengan persentase 95%. Dari data tersebut menunjukkan adanya peningkatan keterampilan membaca siswa kelas VD SD Negeri 11 Indralaya setelah menerapkan teknik scanning.
No copy data
No other version available