Skripsi
HUBUNGAN PERANAN ORANG TUA DENGAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS VI SD NEGERI 43 PALEMBANG
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan antara peranan orangtua dengan kemampuan membaca siswa kelas VI SD Negeri 43 Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode ex posi facto. Teknik pengumpulan data untuk kemampuan membaca dilakukan melalui tes objektif pilihan ganda sedangkan untuk peranan orangtua dilakukan melalui angket yang diberikan kepada siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kemampuan membaca siswa tersebut rendah. Dari 30 orang siswa hanya 14 orang yang mampu. Artinya, tidak sampai separuh siswa yang mampu membaca. Dari hasil perhitungan skor peranan orangtua terlihat bahwa peranan orangtua mereka juga kurang mendukung untuk meningkatkan kemampuan membaca mereka, ada beberapa faktor yang membuat orangtua mereka, salah satunya adalah faktor ekonomi. Dengan demikian dapat disimpulkan antara peranan orangtua dan kemampuan membaca siswa mempunyai hubungan yang signifikan. Kata kunci : peranan orangtua, kemampuan membaca.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
0607000877 | T57256 | T57256 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available