Skripsi
ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA DALAM KARANGAN SISWA KELAS V SD NEGERI 208 KARANG ANYAR KECAMATAN GANDUS PALEMBANG
Masalah dalam penelitian ini, yaitu kesalahan apa saja yang terdapat dalam karangan siswa kelas V SD ditinjau dari taksonomi kategori linguistik, serta faktorfaktor apa saja yang mempemgaruhi kesalahan tersebut Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesalahan-kesalahan yang terdapat dalam karangan siswa kelas V SD Negeri 208 Karang Anyar Palembang serta faktor-faktor yang menyebabkan kesalahan itu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah karangan siswa kelas V SD Negeri 208 Karang Anyar Kecamatan Gandus Palembang. Data dikumpulkan dengan teknik tes mengarang dan wawancara. Selanjutnya, teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kesalahan yang berupa karangan siswa SDN 208 Palembang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam karangan siswa kelas V SD terdapat berbagai kesalahan, baik kesalahan ejaan, kesalahan morfologi, kesalahan sintaksis, dan kesalahan leksikon. Pada kesalahan ejaan ditemukan kesalahan penulisan huruf kapiatal, penulisan kata depan, penulisan tanda baca, kesalahan karena kelebihan huruf dan kesalahan karena kekurangan huruf. Pada morfologi ditemukan kesalahan memilih bentuk kata ulang, imbuhan, dan kesalahan karena menggunakan kata mubazir. Pada sintaksis ditemukan kesalahan menuliskan ffasa, kesalahan karena ketidaktepatan susunan kalimat, dan ketidaktepatan struktur kalimat. Kesalahan leksikon meliputi :t -viigaruh bahasa pertama. Faktor-faktor yang menyebabkah kesalaha-kcsalahan tersebut adalah pengaruh bahasa pertama siswa, pengaruh bahasa yang digunakan sehari-hari, kesalahan perkembangan, dan belum dikuasainya materi vicii siswa. Kata kunci: karangan, siswa, linguistik
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
0607000559 | T57364 | T573642006 | Central Library (REFERENCES) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available