Skripsi
KOMUNIKASI POLITIK CALEG PEREMPUAN MENJELANG PEMILU 2009 PADA MASYARAKAT DI OGAN ILIR
Penelitian ini berjudul “Komunikasi Politik Caleg Perempuan Menjelang Pemilu Tahun 2009 Pada Masyarakat Di Ogan Ilir”. Permasalahan yang diambil dalam penelitian ini adalah bagaimanakah komunikasi politik yang dilakukan caleg perempuan menjelang Pemilu 2009 pada masyarakat di Ogan Ilir. Hal tersebut dianalasis dengan teori interaksi simbolik. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, dengan unit analisisnya individu dalam hal ini caleg perempuan yang mengikuti pemilu di Ogan Ilir. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Informan penelitian dipilih secara sampling purposive yang terdiri dari 7 informan antara lain informan M yang merupakan Kepala DPC PKS Tanjung Batu, informan Z yang merupakan Kasubbag Teknis Pemilu dan Hubungan Partisipasi Masyarakat KPU Ogan Ilir, informan K yang merupakan Camat Kecamatan Tanjung Batu, informan M yang merupakan Ketua Karang Taruna, SN sebagai Ketua BPD dan 2 orang dari masyarakat. Hal yang dilihat dalam penelitian ini antara lain caleg perempuan sebagai komunikator, pesan-pesan yang disampaikan pada masyarakat, media-media yang digunakan dalam melakukan komunikasi politik, sasaran atau target yang dipilih, serta efek atau akibat dari komunikasi politik yang dilakukan. Dari hasil penelitian tentang Komunikasi Caleg Perempuan Menjelang Pemilu 2009 pada Masyarakat di Ogan Ilir terdapat hal-hal antara lain di Ogan Ilir caleg perempuan berasal dari partai baru dan partai lama dan caleg perempuan mempunyai latar pendidikan yang berbeda mulai dari tingkat sekolah menengah sampai perguruan tinggi dan mempunyai pengalaman yang berbeda antara satu dengan yang lainnya yang kesemuanya dapat mempengaruhi komunikasi yang dilakukan. Pesan-pesan yang disamapikan pada masyarakat kebanyakkan mengangkat isu-isu tentang kehidupan perempuan, media yang dipakai kebanyakkan media langsung seperti kunjungan kerumah warga, dialog dan media tak langsung seperti stiker, baliho, spanduk, dan lain sebagainya. Sasaran dari caleg perempuan dimulai dari orang-orang terdekat dan masyarakat yang umumnya dari kalangan perempuan. Kata Kunci: Komunikasi Politik.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
1107000104 | T53503 | T53503 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available