Text
Implementasi kebijakan penyelenggaraan pembelajaran baca tulis al-qur’an bagi siswa yang beragama islam pada satuan pendidikan dasar dan menengah dalam wilayah kota Prabumulih
Penelitian ini dilatar belakangi oleh keinginan Walikota Prabumulih yang
menginginkan tidak adanya lagi masyarakat/siswa di Kota Prabumulih yang tidak bisa Baca
Tulis Al-qur’an. Sebanyak 19 sekolah dasar di Kota Prabumulih belum melaksanakan
kebijakan Penyelenggaraan Pembelajaran Baca Tulis Al-qur’an, teknologi pendukung yang
kurang memadai dan kualitas tenaga pengajar Baca Tulis Al-qur’an yang belum sepenuhnya
memadai. Kebijakan Penyelenggaraan Pembelajaran Baca Tulis Al-qur’an Bagi Siswa yang
Beragama Islam Pada Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah Dalam Wilayah Kota
Prabumulih ditetapkan melalui Peraturan Walikota Prabumulih Nomor 43 tahun 2014. Tujuan
dari penelitian ini untuk menjelaskan proses implementasi menurut peraturan Walikota
Prabumulih Nomor 43 tahun 2014. Skripsi ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Unit
analisis yaitu Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Prabumulih, SDN 6 Kota Prabumulih
dan SDS I Yayasan Pembina Sekolah Kota Prabumulih. Data diperoleh dari data primer yaitu
wawancara kepada key informants dan data sekunder melalui dokumen atau peraturan yang
berkaitan tentang kebijakan penyelenggaraan pembelajaran Baca Tulis Al-qur’an. Skripsi ini
menggunakan teori kebijakan menurut Mazmanian dan Paul A. Sabatier. Berdasarkan hasil
analisis dan penelitian di lapanagan dapat disimpulkan bahwa implementasi kebijakan
penyelenggaraan pembelajaran Baca Tulis Al-qur’an bagi siswa yang Beragama Islam pada
satuan pendidikan dasar dan menengah dalam wilayah Kota Prabumulih sudah berjalan
namun masih terdapat hambatan yang mempengaruhi pelaksanaan kebijakan. Hal ini
dibuktikan dengan temuan di lapangan bahwa kurang optimalnya pelaksanaan kebijakan
penyelenggaraan Baca Tulis Al-qur’an pada tingkat sekolah dasar. Saran yang dapat penulis
berikan yakni diperlukannya pelatihan atau workshop terhadap guru Baca Tulis Al-qur’an,
pengadaan teknologi pendukung pembelajaran.
No copy data
No other version available