Skripsi
PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN SOSIOLOGI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) ( STUDI PADA SMA NEGERI 11 KOTA PALEMBANG)
Penelitian ini berjudul “Pembelajaran Mata Pelajaran Sosiologi Di Sekolah Menengah Atas (SMA) (Studi Pada SMA Negeri 11 Kota Palembang)”. permasalahan dalam penelitian ini adalah : Pertama, bagaimana proses pembelajaran mata pelajaran Sosiologi di SMA Negeri 11 Palembang. Kedua, apa tanggapan siswa SMA Negeri 11 Palembang terhadap pembelajaran Sosiologi. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan data menggunakan teknik trianggulasi. Untuk menganalisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitian ini adalah 5 guru sosiologi dan 6 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 5 guru sosiologi termaksud ketua musyawarah guru mata pelajaran sosiologi (MGMP), tidak ada dari disiplin ilmu sosiologi. Adapun yang lainnya berasal dari jurusan sejarah, dan pengembangan kurikulum dan teknologi pendidikan. Hal ini menyebabkan guru tersebut terbentur dalam pengembangan pembelajaran sosiologi dan berpengaruh terhadap proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran mata pelajaran Sosiologi dapat dilihat dari beberapa tahap yaitu : motivasi sebagai awal proses pembelajaran, metode pembelajaran yang digunakan alat bantu atau fasilitas mengajar yang digunakan, metode penilain yang digunakan. Tanggapan siswa terhadap pembelajaran Sosiologi menunjukkan bahwa motivasi, media, metode dan evaluasi yang diberikan guru di dalam kelas dikategorikan cukup baik. Kata Kunci: Proses pembelajaran, guru sosiologi.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
1407001749 | T53409 | T534092014 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available