Skripsi
KECERDASAN EMOSIONAL (EQ) PADA KINERJA MAHASISWA AKUNTANSI
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris mengenai pengaruh kecerdasan emosional yang terdiri dari lima komponen yaitu pengenalan diri, pengendalian diri, motivasi, empati dan keterampilan sosial terhadap kinerja mahasiswa akuntansi yang dalam hal ini diukur dengan tingkat Indek Prestasi Kumulatif (IPK), Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui keberadaan perbedaan emosional intellegence di antara mahasiswa yang memiliki IPK2,75. Pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan data primer berupa penyebaran kuisioner ke tiga Universitas yang ada di Palembang yakni Universitas Sriwijaya, Universitas Muhammadiyah, dan Universitas Bina Darma Palembang. Sampel penelitian ini berjumlah 227 orang mahasiswa akuntansi yang telah menempuh minimal 120 SKS. Analisis penelitian ini menggunakan uji regresi linier sederhana dan independent sample I-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan emosional berpengaruh terhadap tingkat kinerja mahasiswa akuntansi dan menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kecerdasan emosional antara mahasiswa akuntansi yang memiliki IPK 2,75. Dan basil pengujian secara parsial menunjukan tiga dari lima komponen kecerdasan emosional yaitu pengenalan cliri, motivasi dan empati berbeda antara mahasiswa akuntansi dengan IPK2,75, sedangkan dua dimensi lainnya yaitu pengendalian diri dan keterampilan sosial menunjukan tidak terdapat perbedaan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pada Universitas dalam melengkapi dan meningkatkan kurikulum dan dapat memberi masukan pada mahasiswa dalam meningkatkan kecerdasan emosionalnya
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
0907000801 | T28126 | T281262009 | Central Library (REFERENCES) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available