Text
Pengembangan suplemen bahan ajar teks perubahan konseptual berbasis model perubahan konseptual pada materi gerak harmonik
Telah dilakukan penelitian pengembangan suplemen bahan ajar fisika Teks Perubahan Konseptual pokok bahasan Gerak Harmonik Sederhana yang valid dan praktis. Penelitian pengembangan bahan ajar ini menggunakan model pengembangan Rowntree yang terdiri dari tiga tahap, yaitu perencanaan, pengembangan, dan evaluasi. Pada tahap evaluasi menggunakan evaluasi formatif Tessmer berupa self evaluation, expert review, one-to-one evaluation, dan small group evaluation. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar validasi ahli dan angket. Hasil analisis data pada tahap expert review diperoleh persentase rata-rata dari validasi ahli sebesar 4,03 (kategori sangat valid), tahap one-to-one evaluation sebesar 84,07% (kategori praktis), dan pada tahap small group evaluation sebesar 81,29% (kategori praktis). Dengan demikian, telah berhasil dikembangkan suplemen bahan ajar fisika Teks Perubahan Konseptual pada materi Gerak Harmonik Sederhana yang valid dan praktis. Suplemen bahan ajar Teks Perubahan Konseptual ini dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep dan meremidiasi miskonsepsi materi Gerak Harmonik Sederhana.
No copy data
No other version available