Text
Pengaruh pembelajaran berbasis multi representasi terhadap hasil belajar peserta didik pada materi metabolisme sel kelas XII SMA
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui informasi mengenai pengaruh
pembelajaran berbasis multi representasi terhadap hasil belajar peserta didik pada
materi metabolisme sel Kelas XII MIA 5 semester 1 di SMA Negeri 6 Palembang.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode pre-experimental dengan desain
penelitian one group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
peserta didik kelas XII MIA di SMA Negeri 6 Palembang, dan pengambilan sampel
penelitian digunakan teknik simple random sampling. Pengambilan data dilakukan
di kelas XII MIA 5 dengan jumlah peserta didik 30 orang. Berdasarkan hasil
penelitian, pada pertemuan I diperoleh nilai rata-rata kemampuan multi representasi
37,70 dan rata-rata hasil belajar peserta didik 55,33. Pada pertemuan II diperoleh
nilai rata-rata kemampuan multi representasi 79,08 sedangkan rata-rata hasil belajar
peserta didik 79,83. Diperoleh data n gain hasil belajar peserta didik 0,55 dengan
kategori sedang. Hasil analisis uji hipotesis menghasilkan 11,77 > 1,69, hal ini
berarti thitung > ttabel maka Ha diterima. Pengujian korelasi antara kemampuan multi
representasi dengan hasil belajar peserta didik diperoleh nilai 0,88 dengan kategori
sangat tinggi.
No copy data
No other version available