Text
Pengembangan modul pembelajaran menulis teks eksplanasi untuk siswa kelas XI SMK Negeri 3 Palembang dengan pendekatan saintifik
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar yang efektif yang digunakan oleh siswa kelas XI SMK Negeri 3 Palembang. Bahan ajar yang dikembangkan ini adalah bahan ajar yang berbentuk modul yaitu “Modul Menulis Teks Eksplanasi”. Penelitian ini menggunakan metode research and development dengan menggabungkan dua model pengembangan Jolly & Bolitho dan Tessmer. Untuk memperoleh informasi kelayakan bahan ajar, dilakukan validasi oleh para ahli dan uji lapangan. Validasi dilakukan terhadap kelayakan materi, kebahasaan, kegrafikaan dan penyajian oleh 3 orang dosen ahli yaitu 1 orang dari Program Studi Pendidikan Bahasa, dan 1 orang dari Program Studi Teknologi Pendidikan PPs Universitas Sriwijaya, dan 1 orang lagi dari Program Studi Pendidikan Bahasa Universitas PGRI Palembang. Data dalam uji lapangan diperoleh melalui tes menulis teks eksplanasi. Subjek dalam uji lapangan terdiri dari 40 siswa kelas XI SMK Negeri 3 Palembang. Berdasarkan analisis hasil validasi ahli, Modul Menulis Teks Eksplanasi yang dikembangkan dapat dikategorikan baik atau layak. Hasil tes formatif mengalami peningkatan rata-rata dari 67,75 menjadi 80,60 (selisih 12,85). Pada tes menulis teks eksplanasi menunjukkan rata-rata 65,37 menjadi 80,57 (selisih 15,2). Dengan demikian, modul hasil pengembangan ini memberikan efek potensial dalam meningkatkan kemampuan menulis teks eksplanasi.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
T000035S | Available |
No other version available