The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Perbandingan pengaruh model pair checks dengan paired storytelling terhadap keaktifan peserta didik pada pembelajaran IPS di SMP Negeri 15 Palembang

Text

Perbandingan pengaruh model pair checks dengan paired storytelling terhadap keaktifan peserta didik pada pembelajaran IPS di SMP Negeri 15 Palembang

Indah Triandini - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Tujuan penelitian ini untuk membuktikan perbedaan pengaruh model Pair Checks dengan model Paired Storytelling terhadap keaktifan peserta didik pada pembelajaran IPS di SMP Negeri 15 Palembang. Penelitian ini menggunakan metode completely randomized design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas VIII. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan cluster random sampling, sehingga diperoleh sampel kelas VIII.2 (eksperimen-1) dan VIII.1 (eksperimen-2) masing-masing kelas terdiri 40 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode observasi. Statistik yang digunakan untuk menganalisis data yaitu menggunakan uji-t. berdasarkan analisis data yang dilakukan didapat thitung = 14.30 > ttabel = 1,98. Apabila thitung > ttabel maka Ho di tolak dan Ha diterima. Artinya terdapat perbedaan pengaruh model Pair checks dengan Paired storytelling terhadap keaktifan peserta didik pada pembelajaran IPS di SMP Negeri 15 Palembang. Hasil analisis data observasi peneliti pada kelas eksperimen-1 didapat hasil sebesar 92,5% dan pada kelas eksperimen-2 didapat hasil sebesar 90% sehingga dapat diinterpretasikan aktivitas pembelajaran yang dilakukan peneliti sangat aktif. Adapun kelemahan yang peneliti temukan pada penelitian ini yaitu pada model Pair checks yaitu peserta didik masih kesulitan dan masih kurang jujur dalam memeriksa jawaban temannya. Sedangkan model Paired storytelling peserta didik masih kurang percaya diri untuk maju kedepan kelas dan mengeluarkan pendapatnya. Penggunaan model Pair checks sebaiknya lebih diarahkan dan di monitor agar tim pelatih tidak berbuat curang dalam memeriksa jawaban dari tim peserta. Sedangkan pada model Paired storytelling sebaiknya lebih diarahkan dan dimotivasi agar peserta didik berani maju kedepan untuk menjelaskan materi dan mengungkapkan pendapatnya


Availability

No copy data

Detail Information
Series Title
-
Call Number
-
Publisher
Palembang : Fak.Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2016
Collation
xii, 76 hlm. : ilus.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Keaktifan
Model Pair Checks
Model Paired Storytelling
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
-
Other version/related

No other version available

File Attachment
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search