Text
Peningkatan keterampilan menulis pengumuman tidak resmi melalui model student facilitator and explaining pada mata pelajaran bahasa indonesia siswa kelas IV SD Negeri 254 Palembang
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis pengumuman
siswa kelasIV SD Negeri 254 Palembang melalui penerapan model Student
Facilitator and Explaining. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian
tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas IVC SD Negeri 254 Palembang yang
berjumlah 31 siswa, yang terdiri dari 15siswa laki-laki dan 16 siswa
perempuan.Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap bulan Februari tahun
ajaran 2015/2016 di SD Negeri 254 Palembang.Penelitian ini dilakukan dalam tiga
siklus dengan empat tahapan, yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan, pengamatan
dan refleksi.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan pengamatan.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil menulis pengumuman siswa
kelas IVC SD Negeri 254 Palembang dari siklus I sampai ke siklus III dari 15 siswa
(64,70) yang mencapai kriteria indikator keberhasilan meningkat menjadi 20siswa
(82,35%) yang mencapai criteria indikator keberhasilan Meningkat kembali menjadi
29 siswa (94,10%). Dari siklus I ke siklus III menunjukkan peningkatan dari 15 siswa
yang mencapai criteria indikator keberhasilan kemudian menjadi 20 siswa dan
meningkat mencapai mencapai 29 siswa kriteria indicator keberhasilan. Hal ini
menunjukkan bahwa indicator keberhasilan penelitian tercapai. Dengan demikian,
model Student Facilitator and Explaining dapat meningkatkan keterampilan menulis
pengumuman siswa kelas IV SD Negeri 254 Palembang
No copy data
No other version available