Text
Peningkatan keterampilan menulis narasi siswa kelas IV di SD Negeri 183 Palembang melalui model pembelajaran concept sentence
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa kelas IV SD Negeri 183 Palembang melalui model pembelajaran Concept Sentence. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas selama 3 Siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan observasi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai keterampilan menulis narasi siswa terjadi peningkatan, hal ini terlihat pada ketuntasan belajar siswa di Siklus I sebesar 41,2% dengan rata-rata 62,8, pada Siklus II ketuntasan belajar siswa meningkat hingga mencapai 71,8% dengan rata-rata 65,4 dan pada Siklus III meningkat menjadi 82,05% dengan rata-rata 69,77. Hal ini didukung dari hasil observasi, keaktivan siswa yang mengalami peningkatan, pada siklus I sebesar 59,64 dengan kategori cukup aktif, pada siklus II meningkat menjadi 71,15 dengan kategori aktif dan pada siklus III meningkat menjadi 83,97 dengan kategori sangat aktif. Jadi, dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Concept Sentence dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas IV SD Negeri 183 Palembang
No copy data
No other version available