The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengembangan media powtoon berbasis audiovisual pada pembelajaran sejarah di Sekolah Menengah Atas

Text

Pengembangan media powtoon berbasis audiovisual pada pembelajaran sejarah di Sekolah Menengah Atas

Yeni Andrianti - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Rumusan masalah pada penelitian ini, yaitu bagaimana cara mengembangkan media Powtoon Berbasis Audiovisual dalam pembelajaran sejarah yang valid, praktis dan memiliki efek potensial terhadap hasil belajar dan aktivitas siswa. Penelitian ini juga bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran sejarah menggunakan media Powtoon Berbasis Audiovisual yang diaplikasikan dengan Macromedia Flash 8 untuk siswa Sekolah Menengah Atas dengan menggunakan materi Pertempuran di Bandung (23 Maret 1946). Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan (Research Development), dengan desain pengembangan yang dipilih adalah menggunakan model pengembangan Hannafin dan Peck. Langkah-langkah pengembangannya adalah sebagai berikut (1) Analisis Kebutuhan, (2) Tahapan Desain, dan (3) tahapan pengembangan dan implementasi (Arini,2014). Kevalidan media pembelajaran dinilai oleh tiga tim ahli, yaitu ahli materi, ahli desain atau rencana perangkat pembelajaran, dan ahli media. Kevalidan materi 4,32 yang termasuk kategori sangat valid, kevalidan desain 4,00 termasuk dalam kategori valid, dan kevalidan media 3,70 yang termasuk dalam kategori valid. Penelitian pengembangan telah di lakukan uji coba lapangan pada kelas XI IPS2 SMA Negeri 13 Palembang, efek potensial penggunaan media terlihat dari hasil belajar peserta didik. Secara keseluruhan hasil rata-rata pretest yakni sebesar 48,7 dengan kategori kurang baik dan kemudian rata-rata postest sebesar 84,7 dengan kategori baik. Terjadi peningkatan sebesar 35,6% dan nilai gain skor sebesar 0,69, jika 0,69 > 0,7 maka termasuk dalam kategori sedang. Hasil ini menunjukan bahwa penggunaan media Powtoon Berbasis Audiovisual pada mata pelajaran sejarah telah berhasil diterapkan hal ini terlihat dari efek potensial dari hasil belajar peserta didik


Availability

No copy data

Detail Information
Series Title
-
Call Number
-
Publisher
Palembang : Fak.Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2016
Collation
xvii, 76 hlm. : ilus.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Macromedia Flash 8
Efek potensial
Powtoon Berbasis Audiovisual
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
-
Other version/related

No other version available

File Attachment
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search