Text
Pengaruh video stop motion terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 19 Palembang
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh media pembelajaran video stop motion terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 19 Palembang. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode Pre-Experimental Design dengan bentuk “One Group Pre-test – Post-test Design”. Populasi pada penelitian yaitu seluruh kelas XI IPS. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan cluster random sampling, sehingga diperoleh sampel kelas XI IPS 4. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pre-test sebesar 50,7 dan nilai rata-rata post-test sebesar 86,84 serta peningkatan gain skor sebesar 36,14. Pengaruh video stop motion terhadap hasil belajar ditunjukkan oleh analisis hasil tes siswa yang diuji menggunakan rumus t-tes dengan perolehan nilai thitung 38,17 > ttabel 1,687. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh dari penggunaan media video stop motion dalam proses belajar mengajar terhadap hasil belajar siswa sebesar 77,8 %. Adapun kelemahan yang peneliti temukan pada penelitian ini yaitu suara narasi video stop motion yang ditampilkan sebagai media pembelajaran kurang terdengar dengan jelas karena ruang kelas yang tidak kedap suara. Namun secara keseluruhan penggunaan media video stop motion memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi Pasar Modal. Hal yang disarankan oleh peneliti kepada pihak sekolah adalah untuk menyediakan ruang multimedia agar dapat digunakan oleh guru ketika menggunakan media yang serupa dengan media yang digunakan peneliti sehingga suara pada media tersebut dapat terdengar dengan jelas
No copy data
No other version available