The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh video stop motion terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 19 Palembang

Text

Pengaruh video stop motion terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 19 Palembang

Fitri Verlianti - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh media pembelajaran video stop motion terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 19 Palembang. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode Pre-Experimental Design dengan bentuk “One Group Pre-test – Post-test Design”. Populasi pada penelitian yaitu seluruh kelas XI IPS. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan cluster random sampling, sehingga diperoleh sampel kelas XI IPS 4. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pre-test sebesar 50,7 dan nilai rata-rata post-test sebesar 86,84 serta peningkatan gain skor sebesar 36,14. Pengaruh video stop motion terhadap hasil belajar ditunjukkan oleh analisis hasil tes siswa yang diuji menggunakan rumus t-tes dengan perolehan nilai thitung 38,17 > ttabel 1,687. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh dari penggunaan media video stop motion dalam proses belajar mengajar terhadap hasil belajar siswa sebesar 77,8 %. Adapun kelemahan yang peneliti temukan pada penelitian ini yaitu suara narasi video stop motion yang ditampilkan sebagai media pembelajaran kurang terdengar dengan jelas karena ruang kelas yang tidak kedap suara. Namun secara keseluruhan penggunaan media video stop motion memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi Pasar Modal. Hal yang disarankan oleh peneliti kepada pihak sekolah adalah untuk menyediakan ruang multimedia agar dapat digunakan oleh guru ketika menggunakan media yang serupa dengan media yang digunakan peneliti sehingga suara pada media tersebut dapat terdengar dengan jelas


Availability

No copy data

Detail Information
Series Title
-
Call Number
-
Publisher
Palembang : Fak.Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2016
Collation
xiii, 47 hlm. : ilus.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Hasil belajar
video stop motion
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
-
Other version/related

No other version available

File Attachment
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search