Text
Pengaruh penggunaan media powerpoint terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 128 Palembang
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media powerpoint terhadap
hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 128 Palembang. Penelitian ini dilaksanakan pada
semester genap tahun ajaran 2015/2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
metode pre-experimental dengan desain penelitian one group pretest posttest design. Sampel
penelitian ini terdiri dari satu kelas yang berjumlah 33siswa yang terdiridari 15 siswa lakilaki
dan 18 siswa perempuan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes tertulis berupa
soal pilihan ganda sebanyak 20 soal. Berdasarkan hasil uji prasyarat analisis data pretest dan
posttest bahwa data tersebut berdistribusi normal. Setelah hipotesis penelitian diuji dengan uji
t diperoleh thitung = 4,822 sedangkan dari tabel distribusi t di peroleh ttabel = 1,687sehingga
terlihat bahwa thitung > ttabel. Oleh karena itu, H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian
dapat disimpulkan bahwa penggunaan media powerpoint berpengaruh terhadap hasil belajar
IPS siswa kelas IV SD Negeri 128 Palembang
No copy data
No other version available