The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh penerapan strategi pembelajaran aktif tipe inquiring minds want to know terhadap motivasi belajar siswa kelas X pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di SMA Negeri 22 Palembang

Text

Pengaruh penerapan strategi pembelajaran aktif tipe inquiring minds want to know terhadap motivasi belajar siswa kelas X pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di SMA Negeri 22 Palembang

Heni Widia Nengsi - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi
pembelajaran aktif tipe Inquiring Minds Want To Know terhadap motivasi belajar
siswa kelas X pada mata pelajaran PKn di SMA Negeri 22 Palembang. Penelitian
ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian quasi experimental
design dengan menggunakan desain nonequivalent control group design. Populasi
dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di SMA Negeri 22 Palembang yang
diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel dalam
penelitian ini adalah siswa kelas X4 sebagai kelas eksperimen dengan
menggunakan strategi pembelajaran Inquiring Minds Want To Know dan kelas
X10 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan strategi pembelajaran
Information Search. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa
teknik dokumentasi, observasi dan angket. Berdasarkan hasil analisis data dan
pembahasan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari
penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Inquiring Minds Want To Know
terhadap motivasi belajar siswa kelas X pada mata pelajaran PKn di SMA Negeri
22 Palembang. Hal ini terbukti dari hasil analisis melalui observasi pada kelas
eksperimen sebesar 81%, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 65%. Kemudian
dari hasil analisis melalui uji t-test diperoleh sign = .000 dan α= .05 karena sign <
α, maka Ho ditolak dan menerima Ha. Dengan demikian terdapat perbedaan
motivasi belajar siswa yang menggunakan strategi pembelajaran Inquiring Minds
Want To Know pada mata pelajaran PKn dengan siswa yang menggunakan
strategi pembelajaran Information Search pada mata pelajaran PKn, perbedaan
tersebut terjadi karena perlakuan yang berbeda


Availability

No copy data

Detail Information
Series Title
-
Call Number
-
Publisher
Palembang : Fak.Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2016
Collation
xiv, 69 hlm. : ilus.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Motivasi Belajar Siswa
Strategi pembelajaran Inquiring Minds Want To Know
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
-
Other version/related

No other version available

File Attachment
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search