Text
Pengaruh penerapan strategi pembelajaran aktif tipe inquiring minds want to know terhadap motivasi belajar siswa kelas X pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di SMA Negeri 22 Palembang
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi
pembelajaran aktif tipe Inquiring Minds Want To Know terhadap motivasi belajar
siswa kelas X pada mata pelajaran PKn di SMA Negeri 22 Palembang. Penelitian
ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian quasi experimental
design dengan menggunakan desain nonequivalent control group design. Populasi
dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di SMA Negeri 22 Palembang yang
diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel dalam
penelitian ini adalah siswa kelas X4 sebagai kelas eksperimen dengan
menggunakan strategi pembelajaran Inquiring Minds Want To Know dan kelas
X10 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan strategi pembelajaran
Information Search. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa
teknik dokumentasi, observasi dan angket. Berdasarkan hasil analisis data dan
pembahasan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari
penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Inquiring Minds Want To Know
terhadap motivasi belajar siswa kelas X pada mata pelajaran PKn di SMA Negeri
22 Palembang. Hal ini terbukti dari hasil analisis melalui observasi pada kelas
eksperimen sebesar 81%, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 65%. Kemudian
dari hasil analisis melalui uji t-test diperoleh sign = .000 dan α= .05 karena sign <
α, maka Ho ditolak dan menerima Ha. Dengan demikian terdapat perbedaan
motivasi belajar siswa yang menggunakan strategi pembelajaran Inquiring Minds
Want To Know pada mata pelajaran PKn dengan siswa yang menggunakan
strategi pembelajaran Information Search pada mata pelajaran PKn, perbedaan
tersebut terjadi karena perlakuan yang berbeda
No copy data
No other version available