Skripsi
HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN KEMAMPUAN MENGINTERPRETASI TEKS DRAMA SISWA KELAS VIII SMP
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan korelasi kecerdasan
emosional dengan kemampuan menginterpretasi teks drama siswa kelas VIII SMP.
Penelitian merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan pada
penelitian ini ialah metode survei dengan pendekatan korelasi. Penelitian ini menggunakan
sampel kelas VIII.1 berjumlah 32 siswa. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik
Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket untuk
mengumpulkan data kecerdasan emosional dan teknik tes pilihan ganda untuk
mengumpulkan data kemampuan menginterpretasi teks drama. Teknik analisis data dalam
hal pengolahan data menggunakan rumus analisis korelasi dan regresi sederhana.
Penghitungan data dibantu dengan menggunakan aplikasi SPSS 21. Hasil penelitian
berdasarakan uji hipotesis membuktikan adanya hubungan kecerdasan emosional dengan
kemampuan menginterpretasi teks drama siswa kelas VIII SMP yang nilai korelasi atau
nilai hubungan R=0.581 nilai uji regresi sederhana sebesar 0.836 serta uji thitung sebesar
3.907 > dari ttabel 3.494 maka disimpulkan adanya korelasi kecerdasan emosional dengan
kemampuan menginterpetasi teks drama siswa kelas VIII SMP.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2107000418 | T46543 | T465432021 | Central Library (REFERENCES) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available