Text
Pengaruh penerapan model pembelajaran mind mapping (peta pikiran) terhadap keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di kelas XI IPA SMA Negeri 7 Palembang
Penelitian ini berjudul “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping (Peta Pikiran) terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah di Kelas XI IPA SMA Negeri 7 Palembang”. Adapun permasalahan dalam skripsi ini adalah apakah ada pengaruh penerapan model pembelajaran mind mapping (peta pikiran) terhadap keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di kelas XI IPA SMA Negeri 7 Palembang. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran mind mapping (peta pikiran) terhadap keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di kelas XI IPA SMA Negeri 7 Palembang. Metodologi dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 7 Palembang. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 4 sebagai kelas kontrol. Penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol diambil dengan Random Sampling (Sampel Acak Sederhana). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan teknik tes. Statistik yang digunakan untuk menganalisa data dalam pembuktian hipotesis adalah anava dua jalur dengan taraf signifikan Fhitung dan Ftabel dengan taraf signifikan 0,05, maka diperoleh: Fkol = 14,64 > 2,26 = Signifikan, Fbar = 19,01 > 3,89 = Signifikan, Fint = 2,85 > 2,26 = Signifikan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran mind mapping (peta pikiran) terhadap keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di kelas XI IPA SMA Negeri 7 Palembang
No copy data
No other version available