Text
Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe course review horay (CRH) terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 18 Palembang
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe course review horay dengan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran IPS di SMP Negeri 18 Palembang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada perbedaan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe course review horay dengan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 18 Palembang. Penelitian ini menggunakan motode quasi eksperimen design bentuk non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua kelas VII di SMP Negeri 18 Palembang yang terdiri dari 9 kelas semester ganjil tahun ajaran 2015/2016. Teknik pengambilan sampel secara Cluster Random Sampling sehingga didapatlah kelas VII.9 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.8 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan tes. Statistik yang digunakan yaitu menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi (α) = 5%. Berdasarkan hasil uji t menunjukkan bahwa nilai = 11,16 sedangkan = 3,9, sehingga ≥ berarti Ha diterima dan Ho ditolak yaitu ada perbedaan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe course review horay dengan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 18 Palembang. Kelemahan dalam penelitian ini adalah pada saat peserta didik mengucapkan kata horay tidak sesuai dengan jawaban yang benar sehingga guru kesulitan untuk menilai jumlah jawaban benar dengan menghitung kata horay. Dengan ini diharapkan guru benar-benar mengontrol pada saat pembahasan kelompok supaya peserta didik dapat meneriakan kata horay dengan benar
No copy data
No other version available