Text
Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap penguasaan konsep siswa kelas X SMAN 6 Palembang materi elastisitas dan hukum hooke
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap penguasaan konsep siswa kelas X SMAN 6 Palembang pada materi Elastisitas dan Hukum Hooke. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen dengan desain non equivalent control group design. Sampel yang diambil, kelas X MIA 4 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan kelas X MIA 6 sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran langsung. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan tes penguasaan konsep siswa dalam bentuk tes subjektif (esai) dan non-tes berupa lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Uji statistik data hasil tes menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata nilai post-test yang diperoleh siswa kelas eksperimen adalah 78,95 dan rata-rata rata-rata nilai post-test yang diperoleh siswa kelas kontrol adalah 70,80. Secara statistik dengan perhitungan menggunakan Uji t pada taraf signifikan (α) = 0,05 diperoleh thitung 3,14 sedangkan ttabel = 2,00, terlihat bahwa thitung > ttabel. Sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh dalam pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap penguasaan konsep siswa
No copy data
No other version available