Text
Pengaruh model pembelajaran generatif menggunakan media kartun terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran akuntansi di SMK N 5 Palembang
Tujuan penelitian adalah untuk membuktikan perbedaan pengaruh model
pembelajaran generatif menggunakan media kartun dengan model pembelajaran
generatif menggunakan media komik terhadap motivasi belajar peserta didik pada
mata pelajaran akuntansi di SMK Negeri 5 Palembang. Penelitian ini dilakukan
dengan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah seluruh kelas X
Akuntansi di SMK Negeri 5 Palembang yang terdiri dari 3 kelas. Pengambilan
sampel penelitian menggunakan cluster random sampling, sehingga terpilih kelas
X Akuntansi 3 sebagai kelas eksperimen-1 dan kelas X Akuntansi 1 sebagai kelas
eksperimen-2. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Angket dan
Observasi. Teknik analisis data digunakan untuk mencari pengaruh menggunakan
rumus thitung. Hasil yang didapat pada kelas eksperimen-1 yaitu thitung lebih
besar dari ttabel atau 20,31 ≥ 2,027, maka Ho ditolak dan Ha diterima yang
artinya terdapat pengaruh antar variabel, dan pada kelas eksperimen-2 yaitu
thitung lebih besar dari ttabel atau 12,93 ≥ 2,027, maka Ho ditolak dan Ha
diterima yang artinya terdapat pengaruh antar variabel, untuk mencari perbedaan
menggunakan rumus uji t didapat hasil thitung sebesar 17,76 ≥ ttabel 1,98.
Apabila thitung ≥ ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat
perbedaan pengaruh antar variabel. Hasil analisis data observasi pada kelas
eksperimen-1 dan eksperimen-2 didapat hasil sebesar 91,5% sehingga dapat
diinterpretasikan aktivitas pembelajaran yang dilakukan peneliti sangat baik.
Adapun kelemahan dalam penelitian ini yaitu saat membandingkan pendapat
peserta didik dengan peserta didik lainnya tentang materi jurnal umum.
kebanyakan pendapat peserta didik sama dengan yang lainnya. Saran yang
diberikan peneliti yaitu sebaiknya peserta didik terlebih dahulu menuliskan
pendapatnya secara tertulis kemudian dikumpulkan kepada guru (peneliti).
Setelah itu peserta didik mengungkapkan pendapat sesuai dengan yang telah
dikumpulkan. Sehingga pendapat peserta didik berbeda-beda
No copy data
No other version available