Text
Pengaruh model pembelajaran examples nonexamples terhadap kemampuan menulis narasi siswa kelas IV SD Negeri 24 Palembang
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh model Examples
Nonexamples terhadap kemampuan menulis narasi kelas IV SD Negeri 24
Palembang pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Metode pada penelitian ini
adalah Pre-Experimental Designs dengan jenis One-Group Pretest-Postest Design.
Sampel penelitian ini terdiri dari satu kelas yang berjumlah 25 siswa, instrument
penelitian yang digunakan adalah tes tertulis berupa kerangka karangan yang
disertai gambar berseri. Berdasarkan hasil uji prasyarat analisis data pretest dan
posttest bahwa data tersebut berdistribusi normal. Setelah hipotesis penelitian di uji
dengan uji t diperoleh thitung = 18,02 sedangkan dari table distribusi t diperoleh ttabel
= 1,710 sehingga terlihat bahwa thitung > ttabel oleh karena itu Ha diterima dan Ho
ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Examples
Nonexamples berpengaruh terhadap kemampuan menulis narasi anak pada siswa
kelas IVB SD Negeri 24 Palembang
No copy data
No other version available