Text
Pengaruh model pembelajaran creative problem solving (CPS) terhadap hasil belajar siswa kelas X di SMA Negeri 5 Pagaralam
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
Creative Problem Solving (CPS) terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA
Negeri 5 Pagaralam pada materi suhu dan kalor. Metode yang digunakan pada
penelitian ini adalah quasi experimental, dengan desain penelitian nonequivalen
control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X
SMA Negeri 5 Pagaralam. Teknik sampling yang digunakan adalah total
sampling dengan kelas X.2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X.1 sebagai kelas
kontrol. Data diambil menggunakan tes tertulis dengan bentuk soal pilihan ganda
yang telah divalidasi. Analisis data menggunakan uji-t pada taraf signifikansi 5%
dan dk =40 dengan uji prasyarat normalitas dan homogenitas. Hasil perhitungan
statistik menunjukkan harga thitung sebesar 2,12 dan harga ttabel sebesar 2,02.
Harga thitung > ttabel sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan
model Creative Problem Solving (CPS) terhadap hasil belajar siswa di SMA
Negeri 5 Pagaralam
No copy data
No other version available