The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMA Negeri 2 Lahat pada materi suhu dan kalor

Text

Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMA Negeri 2 Lahat pada materi suhu dan kalor

Karina Eka Putri - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model
pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X
SMA Negeri 2 Lahat pada materi suhu dan kalor. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen (quasi-eksperimental) dengan
desain non equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah
siswa kelas X SMA Negeri 2 Lahat tahun ajaran 2015/2016, dimana kelas X.E
sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran berbasis masalah
dan kelas X.B sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran langsung
dengan metode ceramah. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan tes
kemampuan berpikir kritis dalam bentuk tes subjektif (esai) dan non-tes berupa
lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran berbasis masalah. Analisa
data instrumen tes menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa ratarata nilai post-test yang diperoleh siswa kelas eksperimen adalah 76 dan rata-rata
nilai post-test yang diperoleh siswa kelas kontrol adalah 70. Secara statistik
dengan perhitungan menggunakan Uji z pada taraf signifikan (α) = 0,05 diperoleh
zhitung 3,66 sedangkan ztabel = 1,96, terlihat bahwa zhitung > ztabel. Sehingga H0
ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh
dalam pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir kritis siswa


Availability

No copy data

Detail Information
Series Title
-
Call Number
-
Publisher
Inderalaya : Fak.Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2016
Collation
xiii, 33 hlm. : ilus.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Kemampuan Berpikir Kritis
Model Pembelajaran Berbasis Masalah
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
-
Other version/related

No other version available

File Attachment
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search