Text
Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMA Negeri 2 Lahat pada materi suhu dan kalor
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model
pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X
SMA Negeri 2 Lahat pada materi suhu dan kalor. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen (quasi-eksperimental) dengan
desain non equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah
siswa kelas X SMA Negeri 2 Lahat tahun ajaran 2015/2016, dimana kelas X.E
sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran berbasis masalah
dan kelas X.B sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran langsung
dengan metode ceramah. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan tes
kemampuan berpikir kritis dalam bentuk tes subjektif (esai) dan non-tes berupa
lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran berbasis masalah. Analisa
data instrumen tes menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa ratarata nilai post-test yang diperoleh siswa kelas eksperimen adalah 76 dan rata-rata
nilai post-test yang diperoleh siswa kelas kontrol adalah 70. Secara statistik
dengan perhitungan menggunakan Uji z pada taraf signifikan (α) = 0,05 diperoleh
zhitung 3,66 sedangkan ztabel = 1,96, terlihat bahwa zhitung > ztabel. Sehingga H0
ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh
dalam pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir kritis siswa
No copy data
No other version available