Text
Pengaruh metode inquiry terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas X SMA Negeri 15 Palembang
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh metode inquiry
terbimbing dan metode problem based learning terhadap hasil belajar siswa pada
mata pelajaran ekonomi di kelas X SMAN 15 Palembang. Jenis penelitian ini
adalah penelitian kuantitatif. Dalam penelitian ini digunakan metode quasi
ekperimen design dengan desain penelitian nonequivalent control group design.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 15 Palembang
tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 280 siswa. Teknik pengambilan sampel
dalam penelitian ini adalah probability sampling dengan aturan cluster random
sampling, sehingga diperoleh kelas X.1 sebagai kelas eksperimen dan X.2 sebagai
kelas kontrol. Teknik pengumpulan data adalah tes, observasi, dan dokumentasi.
Instrumen di uji untuk mengetahui validitas dan reliabelitasnya. Dilakukan uji
persyarat analisis data dengan normalitas dan homogenitas sebelum diuji
hepotesis. Teknik uji hepotesis menggunakan rumus uji korelasi product moment,
uji koefisien determinan, dan uji t. Hasil penelitian ada perbedaan pengaruh
metode inquiry terbimbing dan metode problem based learning terhadap hasil
belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi dikelas X SMAN 15 Palembang.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut diharapkan guru atau peneliti selanjutnya
lebih selektif dalam memilih masalah agar dapat dipecahkan oleh siswa serta
menekankan kepada siswa untuk mencari informasi tentang permasalahan yang
dihadapi
No copy data
No other version available