The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh metode inquiry terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas X SMA Negeri 15 Palembang

Text

Pengaruh metode inquiry terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas X SMA Negeri 15 Palembang

Agung Yuli Saputra - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh metode inquiry
terbimbing dan metode problem based learning terhadap hasil belajar siswa pada
mata pelajaran ekonomi di kelas X SMAN 15 Palembang. Jenis penelitian ini
adalah penelitian kuantitatif. Dalam penelitian ini digunakan metode quasi
ekperimen design dengan desain penelitian nonequivalent control group design.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 15 Palembang
tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 280 siswa. Teknik pengambilan sampel
dalam penelitian ini adalah probability sampling dengan aturan cluster random
sampling, sehingga diperoleh kelas X.1 sebagai kelas eksperimen dan X.2 sebagai
kelas kontrol. Teknik pengumpulan data adalah tes, observasi, dan dokumentasi.
Instrumen di uji untuk mengetahui validitas dan reliabelitasnya. Dilakukan uji
persyarat analisis data dengan normalitas dan homogenitas sebelum diuji
hepotesis. Teknik uji hepotesis menggunakan rumus uji korelasi product moment,
uji koefisien determinan, dan uji t. Hasil penelitian ada perbedaan pengaruh
metode inquiry terbimbing dan metode problem based learning terhadap hasil
belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi dikelas X SMAN 15 Palembang.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut diharapkan guru atau peneliti selanjutnya
lebih selektif dalam memilih masalah agar dapat dipecahkan oleh siswa serta
menekankan kepada siswa untuk mencari informasi tentang permasalahan yang
dihadapi


Availability

No copy data

Detail Information
Series Title
-
Call Number
-
Publisher
Palembang : Fak.Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2016
Collation
xiii, 52 hlm. : ilus.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Hasil belajar
Metode Inquiry Terbimbing
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
-
Other version/related

No other version available

File Attachment
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search