Text
Pengaruh metode edutainment bermedia video terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di kelas XI IPA SMA Negeri 7 Palembang
Penelitian ini berjudul “Pengaruh metode edutainment bermedia video terhadap
motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di Kelas X1 IPA di SMA Negeri
7 Palembang Tahun Ajaran 2015-2016”. Permasalaham dalam penelitian ini adalah
bagaimana pengaruh metode edutainment bermedia video terhadap motivasi belajar
siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPA di SMA Negeri 7 Palembang.
Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode
edutainment bermedia video terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran
sejarah di kelas XI IPA di SMA Negeri 7 Palembang. Metode penelitian yang
digunakan adalah Quasi Eksperimen dengan menggunakan dua kelas sebagai
sampel. Dalam penelitian ini populasi adalah semua siswa kelas XI IPA di SMA
Negeri 7 Palembang. Sedangkan jumlah sampel dalam penelitian ini adalah dua
kelas yang diambil dengan teknik random sampling yaitu kelas XI IPA 1 yang
berjumlah 40 orang siswa sebagai kelas eksperimen yang menerapkan metode
edutainment bermedia video dalam proses pembelajaran dan kelas XI IPA 3 yang
berjumlah 40 orang siswa sebagai kelas kontrol yang menerapkan media power
point. Dalam proses pembelajaran, Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
teknik angket, observasi dan dukumentasi. Teknik angket digunakan untuk melihat
tentang motivasi belajar peserta didik, dan teknik observasi digunakan sebagai data
pendukung dalam penelitian ini agar dapat melihat keaktipan siswa pada saat proses
pembelajaran berlangsung. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah uji normalitas data, uji homogenitas data, dan uji-t dengan taraf signifikan (α
= 0,05). Hasil angket lebih banyak terdapat pada alternatif jawaban sangat setuju.
Berdasarkan analisis data yang digunakan, maka didapat, thitung = 6,89 dan ttabel
=1,994 maka thitung > ttabel, yaitu thitung = 6,89 dan ttabel = 1,994. Dengan demikian
hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini dapat diterima kebenarannya, bahwa
terdapat pengaruh metode edutainment bermedia video terhadap motivasi belajar
siswa pada mata pelajaran sejarah di kelas X1 IPA di SMA Negeri 7 Palembang
No copy data
No other version available