Text
Pengaruh metode bercerita terhadap percaya diri anak kelompok B TK Tunas Rimba Palembang
Pengaruh metode bercerita terhadap percaya diri pada anak telah dilakukan dan
dilaksanakan di kelompok B TK Tunas Rimba Palembang, dengan jenis
penelitian Pre- Eksperimen dengan desain One Shoot Case Study. Teknik
pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling (sampel
bertujuan) dengan pertimbangan percaya diri yang masih rendah di kelas B1.
Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah kelompok B1 dengan jumlah
10 anak, 3 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Pengumpulan data
menggunakan tes berbentuk perbuatan yang dihasilkan berupa nilai. Hasil
analisis data yang diperoleh nilai ????ℎ???????????????????? = 2,98 ≥ nilai ???????????????????????? =1,77.
Kesimpulannya bahwa terdapat pengaruh, hal ini dapat di buktikan bahwa pada
kondisi awal nilai rata-rata percaya diri anak sebesar 72,5 dengan interprestasi
berkembang sesuai harapan, setelah dilakukan perlakuan rata-rata percaya diri
yang didapat 74 dengan interprestasi berkembang sesuai harapan . Pada setiap
indikator yaitu: menunjukan interaksi sesama teman dan guru saat
mendengarkan cerita sebanyak 7 anak (67,5), menceritakan kembali cerita yang
di dengar dengan kosa kata yang lebih sederhana sebanyak 8 anak (77,5),
menunjukan keberanian tampil bercerita di depan kelas sebanyak 8 anak (85),
dan memperlihatkan tanggung jawab saat mendengarkan cerita sebanyak 8 anak
(77,5). Melihat hasil yang diperoleh, disarankan bagi peneliti selanjutnya
melakukan penelitian yang sama dengan aspek perkembangan berbeda
No copy data
No other version available