Text
Pengaruh media komik terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 6 Palembang
Penelitian ini membahas bagaimana hasil belajar peserta didik dengan
menggunakan Media Komik dan Media Charta pada proses pembelajaran
ekonomi di SMA Negeri 6 Palembang. Rumusan masalah dalam penelitian ini
adalah “Apakah ada Perbedaan Pengaruh Media Komik dengan Media Charta
Terhadap Hasil Belajar Peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA
Negeri 6 Palembang”. Penelitian ini menggunakan metode Quasi experimental
design dengan bentuk Nonequivalent control group design. Populasi penelitian
adalah peserta didik kelas X IIS SMA Negeri 6 Palembang semester genap tahun
pelajaran 2014/2015 yang terdiri dari kelas yaitu X IIS 1, X IIS 2, X IIS 3, dan X
IIS 4 dengan jumlah 108 peserta didik. Sampel penelitian menggunakan teknik
Cluster Random Sampling dan didapatlah dua kelas yaitu kelas X IIS 3 sebagai
kelas eksperimen yang berjumlah 26 peserta didik dan kelas X IIS 2 sebagai kelas
kontrol yang berjumlah 27 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan
2 Tes yaitu Pre-Tes dan Post-Tes. Mengetahui bentuk tes yang digunakan adalah
tes tertulis dengan 20 soal pilihan ganda. Tes digunakan untuk mengumpulkan
data hasil belajar peserta didik sebelum dan setelah perlakuan media komik dan
media charta. Statistik yang digunakan untuk menganalisis data yaitu
menggunakan uji-t dengan taraf signifikan ( α = 0,05 ). Berdasarkan analisis data
tes yang dilakukan, hasil uji t menunjukkan bahwa nilai thitung = 10,5 sedangkan
ttabel 3,12, berarti pada penelitian ini Ha diterima maka hipotesis yang diajukan ada
perbedaan pengaruh media komik dengan media charta terhadap hasil belajar pada
mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 6 Palembang. Berdasarkan penelitian
yang dilakukan, peneliti mendapatkan kesimpulan bahwa ada peningkatan nilai
peserta didik setelah diterapkannya media komik dalam proses pembelajaran.
Saran yang diberikan peneliti yaitu dalam penerapan media komik harus disertai
dengan diskusi dan penerepan teknologi yang ada agar lebih efisien dalam proses
pembelajaran
No copy data
No other version available