Skripsi
ANALISIS PENGARUH DIFERENSIASI PRODUK TERHADAP PERMINTAAN JASA TELEPON PRABAYAR PADA MAHASISWA EKONOMI UNIVERSITAS SRIWIJAYA
Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh diferensiasi produk terhadap permintaan jasa telepon prabayar pada mahasiswa Ekonomi Universitas Sriwijaya. Penelitian ini menggunakan teknik analisis kuantitatif dan kualitatif, dimana analisis kuantitatifmenggunakan analisis regresi berganda dengan menggunakan SPSS 11.5for Windows. Berdasarkan uji validitas dan reabilitas, hanya terdapat sepuluh variabel yang dianggap valid dan realibel. Berdasarkan hasil pembahasan, diketahui bahwa hanya terdapat empat variabel yang signifikan yaitu variabel iklan yang dipasang di media (Xi), pameran-pameran yang diadakan oleh operator telepon (X2), bonus telepon, tarif promo, dan sms gratis (X3) dan perhitungan tariff dasar CK4). Dari keempat variabel tersebut dengan menggunkan uji koefisien determinasi (R2) variabel yang berpengaruh terhadap permintaan jasa telepon prabayar adalah variabel Xi (iklan yang dipasang dimedia). Berdasarkan pengujian secara serentak menggunakan F-statistik diperoleh Fhitung lebih besar dari Ftabel (5,156>2,63) yang artinya variabel independen (faktor diferensiasi produk) berpengaruh terhadap variabel dependen yaitu permintaan terhadap jasa telepon prabayar. Dengan menggunakan uji t-statistik menggunakan a = 0,01 maka didapat t-tabel sebesar 2,3124. Untuk variabel Xi didapat t-hitung sebesar 2,429, yang artinya thitung > t-tabel, hal ini berarti variabel iklan yang dipasang dimedia signifikan dan berpengaruh positif terhadap permintaan jasa kartu prabayar. Untuk variabel X2 didapat t-hitung sebesar 2,432 yang artinya t-hitung > t-tabel, hal ini variabel pameran yang diadakan oleh operator telepon prabayar signifikan dan berpengaruh positifterhadap permintaan jasa telepon prabayar. Untuk variabel X3 didapat t-hitung sebesar 2,545, yang artinya t-hitung > t-tabel, hal ini berarti variabel pemberian bonus telpon, tarif promo, dan sms gratis signifikan dan berpengaruh positif terhadap permintaan jasa telepon prabayar. Untuk variabel XU didapat t-hitung sebesar -4,132 yang artinya t hitung > t-tabel, hal ini berarti variabel perhitungan tarif dasar dan berpengaruh negatifterhadap permintaan jasa telepon prabayar. Kata Kunci: Faktor diferensiasiproduk
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
1007000973 | T49193 | T491932010 | Central Library (REFERENCES) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available