Skripsi
PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF UNTUK KEMAMPUAN GERAK LOKOMOTOR ANAK USIA 4-5 TAHUN DI DESA KERINJING
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan alat permainan edukatif untuk kemampuan gerak lokomotor anak usia 4-5 tahun di desa Kerinjing yang validitas dan praktis. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan menggunakan model Rowntree dan evaluasi formatif Tessmer. Tahapan pengembagan Rowntree yaitu perencanaan, pengembangan, dan evaluasi. Tahap evaluasi formatif Tessmer terdiri dari self evaluation, expert review, one-to-one evaluation, dan small group evaluation. Teknik pengumpulan data menggunakan walkthrough berupa expert review dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas materi sebesar 78% dan validitas media sebesar 92%, diperoleh rata-rata validitas produk sebesar 85% dengan kategori sangat valid. Tahap one-to-one evaluation melibatkan 2 orang anak dengan hasil 91% dan tahap small group evaluation melibatkan 6 orang anak dengan hasil 90% dan dari keduanya diperoleh rata-rata sebesar 90% dengan kategori sangat praktis. Dari semua tahap yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa alat permainan edukatif untuk kemampuan gerak lokomotor anak usia 4-5 tahun di desa Kerinjing dinyatakan sangat valid dan sangat praktis dan layak digunakan untuk pembelajaran gerak lokomotor
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2107000445 | T51620 | T516202021 | Central Library (REFERENCES) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available