Text
Hubungan minat belajar dengan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS kelas VIII di SMP Negeri 1 Indralaya Selatan
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan ada hubungan yang signifikan antara
minat belajar dengan hasil belajar peserta didik. Metode dalam penelitian ini adalah
metode asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas
VIII IPS di SMP negeri 1 Indralaya Selatan. Sampel penelitian menggunakan
cluster random sampling, sehingga terpilih kelas VIII.5 sebagai kelas eksperimen
yang berjumlah 27 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada
penelitian ini yaitu angket, tes dan wawancara. Hasil analisis data angket peserta
didik sebesar 25% dengan interpretasi kurang baik dan dalam analisis data
wawancara sebesar 50% dengan interpretasi cukup baik. Hipotesis menggunakan
statistik parametris yaitu Uji t. Hasil penelitian di peroleh nilai t sebesar 5,975
dimana, thitung ≥ ttabel , 5,975 > 1,708 maka hipotesis Ho di tolak dan Ha di terima
maka dapat di simpulkan ada hubungan yang signifikan antara minat belajar dengan
hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS kelas VIII di SMP Negeri 1
Indralaya Selatan. Namun dari hasil tersebut tentu dalam pelaksanaan masih
terdapat kelemahan diharapkan peneliti selanjutnya untuk bisa mengkondisikan
peserta didik agar tidak terjadinya kecurangan
No copy data
No other version available