Skripsi
PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN MEMBELI HELM MERK KYT (STUDI KASUS MAHASISWA UNIVERSITAS SRIWIJAYA KAMPUS PALEMBANG)
Dewasa ini penggunaan sepeda motor oleh sebagian besar mahasiswa telah menjadi salah satu pilihan utama sebagai alat transportasi mereka. Helm sebagai alat pendukung dan pelengkap berkendara merupakan item yang sangat berperan penting dalam keselamatan pada saat mengendarai sepeda motor. Pemusnahan banyak helm - helm yang tidak standar dengan ketentuan SNI (Standar Nasional Indonesia) oleh pihak Mabes Polri Satuan Laka Lantas seiring dengan data statistik kecelakaan yang terjadi pada korban berkendara sepeda motor yang mengalami cedera berat di kepala akibat helm yang mereka pakai bukan merupakan helm standar. Maka dari itu produsen helm berlomba - lomba mulai menciptakan helm yang berkualitas, yang salah satunya diminati dan banyak digunakan oleh mahasiswa Universitas Sriwijaya Kampus Palembang adalah helm merk KYT. Produsen helm merk KYT telah menghasilkan produk terbaik dan berkualitas yang didukung oleh faktor pemasaran yang telah mereka lakukan baik dari segi produk, harga, promosi, serta saluran distribusi yang siap untuk bersaing dengan produsen helm merk lainnya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh faktor bauran pemasaran tersebut terhadap keputnsan pembelian konsumen helm KYT serta mengetahui faktor yang paling dominan di antara faktor bauran pemasaran tersebut yang paling mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Populasi dalam penelitian ini merupakan mahasiswa Universitas Sriwijaya Kampus Palembang yang mengunakan helm merk KYT. Metode sampling yang digunakan adalah convinience sampling. Penentuan ukuran sample menggunakan rumus Roscoe. sehingga ukuran sample yang diambil sebanyak 100 orang responden. Metode analisis yang digunakan adalah Analisis Regresi Linier Berganda dengan bantuan program SPSS versi 17.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel bauran pemasaran vaitu produk, liarga, promosi dan saluran distribusi secara bersama - sama berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen membeli helm merk KYT yaitu sebesar 86,20%. sedangkan 13.80% nya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dijelaskan secara detail dalam penelitian ini yakni faktor kebudayaan seperti kelas sosial dan faktor psikologis seperti motivasi serta kepercayaan terliadap suatu produk. Sedangkan variabel produk (Xi) berpengaruh paling dominan yaitu sebesar 26,56% terhadap keputusan pembelian, serta apabila ada peningkatan sebesar 1% pada variabel Produk ini maka memiliki kontribusi positif sebesar 0,319% dalam meningkatkan keputusan pembelian konsumen dalam hal ini yaitu mahasiswa Universitas Sriwijaya Kampus Palembang terhadap helm merk KYT. Kata Kunci: bauran pemasaran, produk, harga, promosi, saluran distribusi, keputusan pembelian
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
1407002206 | T46478 | T464782014 | Central Library (REFERENCES) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available