Skripsi
PENGARUH BAUKAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PASTA GIGI PEPSODENT (STUDI KASUS PADA MALIASISWA UNIVERSITAS SRIWIJAYA INDERALAYA)
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis seberapa besar pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian konsumen pasta gigi pepsodent yang diproduksi oleh Unilever. Penelitian ini memilih sampel dari mahasiswa/i Universitas Sriwijaya Inderalaya. Teknik pengambilan sampel menggunakan non Probability Sampling. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah Snow Bali. Uji instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Data primer yang sudah valid dan reliabel yang diperoleh dari responden diolah dengan menggunakan program SPSS dan menghasilkan persamaan regresi sebagai berikut : Y = 2,930 + 0,135X1+0,227X2+0,150X3+0,385X4. Melalui Uji F dapat diketahui bahwa keempat variabel independen (produk, harga, tempat, dan promosi) yang diteliti secara simultan berpengaruh terhadap variabel dependen keputusan pembelian. Uji t menunjukkan bahwa variabel harga dan promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dan variabel produk dan tempat berpengaruh tidak signifikan terhadap keputusan pembelian.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa R Square sebesar 0,535 atau 53,5%. Hal tersebut berarti bahwa sebesar 53,5% variabel produk, harga, tempat dan promosi berkontribusi terhadap keputusan pembelian. Sedangkan sisanya 46,5% (100%-53,5%) dijelaskan oleh faktor-faktor lainnya yang tidak digunakan dalam penelitian ini. Hasil dari penelitian ini juga menunjukkan bahwa variabel yang dominan berpengaruh adalah promosi yakni dengan signifikansi 0,000 (0,05). Kata kunci: Produk, Rarga, Tempat, dan Promosi.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
1407001184 | T46398 | T463982014 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available